Senin, 14 Maret 2016

Usia 40, Tetap Cantik!


Usia 40 tahun bagi sebagian besar orang merupakan usia yang dapat dianggap usia emas, mengapa? Karena pada usia ini biasanya seseorang sudah sangat mapan jika ditinjau dari materi, stabil dalam karir, stabil dalam keluarga, serta memiliki tingkat kedewasaan yang tinggi. Meskipun, ada pepatah yang mengatakan bahwa kedewasaan tidak tergantung usia.


Bagi sebagian wanita, memasuki usia 40 tahun membuat sedikit ‘deg-degan’, khawatir, takut, bahkan ada yang berharap agar jangan dahulu berumur 40-an. Hal ini dapat dimaklumi, karena sifat dasar wanita yang selalu ingin tetap cantik dan ingin tetap awet muda, semuda ketika berumur 20-an. Jangan khawatir dahulu, karena meskipun usia 40-an tidak bisa dihindari, dengan perawatan yang tepat, Anda akan tetap cantik dan terlihat awet muda.

Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan agar tetap cantik dan terlihat awet muda memasuki usia 40 tahun.

1.    Olah raga

Jika Anda tidak terbiasa berolah raga, maka mulailah dari sekarang. Anda bisa mulai dengan melakukan olah raga ringan seperti jalan kaki setiap pagi atau sore hari. Dengan rutin berolah raga akan membantu kerja metabolisme tubuh yang mulai menurun drastis. Selain itu manfaat yang paling penting dapat melancarkan aliran darah yang membantu untuk menutrisi kulit sehingga kesehatan kulit terjaga.

2.    Istirahat

Tubuh memerlukan istirahat, terutama ketika mulai memasuki usia 40. Usahakan istirahat yang cukup, agar bermanfaat untuk kulit dan tubuh Anda. Istirahat akan meningkatkan hormon melatonin di dalam tubuh, hormon melatonin merupakan antioksidan yang ampuh untuk menangkal radikal bebas dan mencegah proses penuaan.

3.    Bersihkan wajah

Kebersihan wajah sangat penting untuk kesehatan kulit. Rutinlah membersihkan wajah Anda dari debu, kotoran maupun sisa produk kosmetik yang biasa digunakan. Kotoran maupun sisa-sisa kosmetik yang tidak dibersihkan akan menyumbat pori-pori wajah, sehingga wajah terlihat kusam bahkan berjerawat. Usahakan untuk membersihkan wajah maksimal 2 kali dalam sehari, karena jika terlalu sering akan berakibat mengurangi kelembaban kulit.

4.    Pelembab dan tabir surya

Gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Selain pelembab pemakaian tabir surya juga penting untuk dilakukan, terutama jika akan beraktifitas di luar rumah. Jika memungkinkan usahakan untuk mengurangi/menghindari paparan sinar matahari yang kurang baik untuk kulit.

5.    Jaga asupan makanan

Selain perawatan luar, perawatan dari dalam tubuh juga perlu dilakukan. Memasuki usia 40 tahun, kemampuan metabolisme tubuh mulai menurun, sebisa mungkin kurangi makanan berminyak, berlemak dan  mengandung gula. Gantilah jenis makanan tersebut dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Buah-buahan dan sayur-sayuran banyak mengandung serat, tinggi kandungan air serta kaya antioksidan yang baik bagi metabolisme dan kelembaban kulit. Konsumsilah secara rutin.

6.    Masker alami

Pemakaian masker dengan menggunakan bahan-bahan alami bisa menjadi salah satu pilihan untuk perawatan wajah. Memasuki usia 40 tahun,  kerutan di kulit mulai terlihat, terutama pada wajah, mata dan leher. Rutinlah untuk mengaplikasikan masker pada mata, wajah dan leher minimal satu minggu sekali. Berikut beberapa masker alami  yang bisa dijadikan pilihan :

-       masker lemon  dan minyak zaitun, bermanfaat untuk melembabkan kulit
-       masker tomat, untuk melembabkan dan mengencangkan kulit
-       masker pisang, untuk mencegah keriput
-       masker timun, yang berfungsi sebagai anti keriput
-       minyak argan, untuk melembabkan dan mengurangi keriput
-       minyak kelapa murni, untuk mencegah keriput
-       kulit semangka, untuk menyegarkan dan menghaluskan kulit


Demikianlah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan agar tetap cantik dan terlihat awet muda memasuki usia 40 tahun. Meskipun memasuki usia 40 tahun tidak bisa dihindari maupun ditunda, setidaknya Anda bisa mengusahakan agar tetap bahagia, cantik, segar dan awet muda. (EA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar