Selasa, 22 Maret 2016

Minuman Hangat dan Minuman Dingin


Minuman menjadi sesuatu yang sangat penting  ketika Anda merasa sangat kehausan. Berbagai pilihan minuman mulai dari rasa yang beragam, aroma yang bervariasi, warna yang bermacam-macam, bahkan kondisi panas, hangat, atau dingin bisa dijadikan pilihan.


Secara umum minuman yang paling sering dikonsumsi adalah minuman hangat dan minuman dingin. Minuman hangat menjadi pilihan ketika Anda merasa kedinginan baik pada saat cuaca yang dingin maupun kondisi tubuh yang dingin ketika kurang sehat. Sementara minuman dingin dijadikan pilihan ketika Anda merasa kepanasan karena cuaca, kehausan sehabis berolah raga, ataupun menyesuaikan dengan keinginan untuk mengonsumsi minuman dingin.

Apapun pilihan minuman yang diambil, masing-masing memiliki kelebihan, berikut beberapa kelebihan pilihan minuman hangat dan minuman dingin :

Minuman hangat


*Menghangatkan tubuh
Minuman hangat akan memberikan efek menghangatkan tubuh yang kedinginan, Anda tidak akan memilih minuman dingin untuk menghangatkan tubuh. Variasi minuman hangatpun beragam untuk menghangatkan tubuh. Anda dapat memilih teh hangat, jeruk hangat, maupun susu hangat yang bisa dengan mudah didapatkan, ataupun pilihan minuman hangat lain yang memberi efek menyehatkan dan menyegarkan tubuh seperti wedang jahe, wedang uwuh, wedang ronde serta banyak pilihan lainnya.

*Membuat tubuh berkeringat
Mengonsumsi minuman hangat akan membuat tubuh mengeluarkan keringat. Keringat yang keluar malalui pori-pori akan membantu proses pengeluaran racun atau detoksifikasi tubuh.

*Meluruhkan lemak
Dengan mengonsumsi minuman hangat, ikatan-ikatan lemak di tubuh akan terurai dan dikeluarkan, baik melalui keringat maupun melalui pembuangan urin. Lemak biasanya akan luruh jika dipanaskan. Hal ini sangat penting untuk Anda yang sedang melakukan program penurunan berat badan. Air hangat akan membantu melancarkan pencernaan.

*Menyehatkan tubuh
Dengan rutin mengonsumsi minuman hangat tubuh akan terasa lebih sehat. Air hangat yang dimasak terlebih dahulu lebih menyehatkan, karena proses perebusan air tersebut dapat membunuh kuman-kuman dan bakteri yang ada di dalam air.

*Menenangkan
 Air yang hangat memiliki efek menenangkan. Anda bisa mencobanya sendiri, dengan meletakkan kedua telapak tangan Anda pada gelas yang berisi minuman hangat, resapi kehangatannya, kemudian Anda dapat meminumnya perlahan-lahan, sedikit demi sedikit. Rasa hangat akan mengalir dari kedua telapak tangan Anda, dan air hangat yang Anda minum akan menghangatkan tubuh, rasa hangat yang dirasakan akan memberi efek menenangkan.

Minuman dingin


*Menyegarkan
Air dingin memiliki efek menyegarkan tubuh. Segelas air dingin yang Anda konsumsi ketika sedang haus akan sangat menyegarkan tubuh, membuat tubuh yang lemas menjadi lebih bersemangat.

*Penyerapan cairan
Konsumsi air dingin saat merasa panas atau sehabis berolah raga dipercaya dapat mempercepat proses penyerapan cairan, hanya saja yang perlu diperhatikan, konsumsi air dingin satu atau dua teguk, biarkan tubuh beradaptasi dengan air dingin tersebut. Jika Anda langsung meminum air dingin sebanyak satu botol sekaligus, Anda akan merasa pusing karena tubuh belum siap untuk merespon perpindahan panas ke dingin secara tiba-tiba.

*Menyenangkan
Air dingin memiliki banyak variasi warna maupun rasa. Kelebihan inilah yang menjadi salah satu manfaat menyenangkan atau memberi rasa senang ketika melihat tampilan penyajian yang indah dan meyegarkan mata. Anda akan merasa senang melihat tampilan indah penyajian minuman dingin dan akan lebih senang lagi jika langsung menikmatinya.


Demikianlah beberapa kelebihan minuman hangat dan minuman dingin. Apapun jenis minuman yang Anda dipilih akan bermanfaat bagi tubuh, yang perlu diingat adalah jangan sampai tubuh kekurangan cairan. Silakan berkreasi dengan jenis minuman pilihan, agar tubuh tetap sehat dan segar. (EA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar